Fakta Mengejutkan Bisnis Minuman di Indonesia!

Fakta Mengejutkan Bisnis Minuman di Indonesia!
Guys, ada fakta mengejutkan tentang bisnis minuman di Indonesia. Yuk kita cek beberapa fakta mengejutkan tentang bisnis minuman di Indonesia:
  1. Akhir 2021, International Coffee Organization (ICO) mencatat Indonesia sebagai negara dengan konsumsi kopi terbesar ke-4 di dunia. Jumlah konsumsinya tembus hingga 5 juta kantong berukuran 60 kilogram. Sementara itu, Kementerian Perdagangan melaporkan, pada 2021 Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ke-4 di dunia (Kompas.com). 
  2. Konsumsi teh di Indonesia juga cenderung meningkat. Di tingkat global, Indonesia produsen teh terbesar ke-7 di dunia. Tiga wilayah yang memproduksi terbanyak adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara (indonesia-investments.com)
  3. Minuman tradisional seperti es kelapa, es cincau, dan es campur masih sangat populer di Indonesia, terutama di kota-kota besar.
Selain minuman kopi, minuman teh, dan minuman tradisional, minuman berbasis susu juga sangat populer di Indonesia. Kopi susu, teh susu, dan bubble tea adalah beberapa contoh minuman berbasis susu yang populer di Indonesia. Bisnis minuman yang fokus di dunia Bubble drink juga menjadi trend di Indonesia sejak pertengahan 2010-an dan masih terus populer hingga saat ini. Indonesia merupakan pasar terbesar untuk produk boba di Asia Tenggara, melebihi Thailand dan Filipina. Momentum Work melaporkan, tahun 2021 estimasi nilai pasar bubble drink di Indonesia mencapai US$1,6 miliar (setara Rp24 triliun).  Sejumlah merek bubble drink dari luar negeri masuk ke Indonesia dan sukses meraih perhatian pasar. Tren bubble drink di Indonesia juga berdampak pada meningkatnya permintaan akan bahan baku seperti tepung tapioka, susu, dan sirup gula. Pada tahun 2020, beberapa gerai minuman bubble drink mengalami penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19 dan pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah. Namun, beberapa merek tetap bertahan dengan beradaptasi melalui layanan pesan antar dan penjualan online. Industri minuman di Indonesia juga sangat bergantung pada bahan baku lokal, seperti kopi, teh, dan buah-buahan. Fakta ini mendorong industri minuman untuk memperhatikan kualitas bahan baku dan menjaga hubungan yang baik dengan petani lokal. Karena permintaan yang tinggi, industri minuman di Indonesia terus berkembang dan menarik banyak investor baru untuk masuk ke pasar ini. Hal ini membuat persaingan semakin ketat dan memicu inovasi dalam produk dan pemasaran minuman di Indonesia. Hmmm... Semoga kehadiran Jakarta Bubble Drink (JBD) juga bisa turut meramaikan bisnis minuman kekinian di negeri ini ya.   https://jbd.co.id/fakta-mengejutkan-bisnis-minuman-di-indonesia/?feed_id=1221&_unique_id=6437a6d42e648
Previous
Next Post »